Live Webinar: Mendengar Pengalaman Basic Income Pilot di Ontario

Universal Basic Income (UBI) merupakan pemberian uang tunai secara periodik (bulanan) dari pemerintah kepada setiap warga negara untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dengan tanpa syarat apa pun. Baik orang kaya maupun miskin, menganggur maupun bekerja, akan mendapatkan jumlah pembayaran yang sama. Kebijakan ini kembali menarik perhatian dunia ditengah ancaman otomatisasi dan perkembangan teknologi yang kian hari kian menggeser peran tenaga kerja manusia. Cukup banyak eskperimen atau uji coba UBI dilakukan di berbagai negara, seperti Namibia, India, Finlandia, Kanada, AS, Kenya, dan Korea Selatan. Pada webinar kali ini, kita akan mendengar bagaimana pengalaman Kanada (Ontario) dalam menerapkan kebijakan UBI ini.

Sekitar 4.000 orang di Ontario, Kanada, telah berpartisipasi dalam eksperimen Basic Income yang dilakukan oleh pemerintah setempat sejak tahun 2017. Sayangnya, eskperimen yang direncanakan berjalan 3 tahun tersebut, harus berhenti tiba-tiba karena gubernur baru yang terpilih menolak melanjutkan pilot project Universal Basic Income (UBI) ini. Padahal, para peneliti sedang menguji apakah eskperimen UBI ini memberikan dampak positif bagi kualitas hidup individu, keluarga, dan masyarakat atau tidak? Dalam seminar dan diskusi ini kita akan membedah bagaimana sebenarnya dinamika sosial, ekonomi, dan politik dalam kebijakan penanggulangan kemiskinan di Ontario ini dan pelajaran apa yang bisa kita ambil untuk kebijakan penanggulangan kemiskinan di Indonesia?

Pembicara:
John Mills (Internal Relations Coordinator, Ontario Basic Income Network)
Bambang Harymurti (Former Editor-In-Chief Tempo)
Rima Artha (Country Economist, UNDP Jakarta)
Sonny Mumbunan (Basic Income Lab UI)
Alexander Mering (The Partnership for Government Reform)

Moderator:
Yanu E. Prasetyo (Coordinator Indonesian Basic Income Guarantee Network)

Hari/Tanggal:

Kamis, 2 Mei 2019
Pukul 9:00 – 12:00 WIB

Tata cara bergabung:

Webinar ini akan digelar menggunakan aplikasi Zoom. Peserta dapat terhubung dalam live webinar ini dengan cara menginstal aplikasi zoom (gratis) ke komputer, tablet, atau telepon pintar masing-masing. Berikut tata cara bergabung ke dalam Webinar UBI ini:
1. Install aplikasi Zoom ke dalam perangkat komputer, laptop, atau telepon pintar Anda melalui link berikut: https://zoom.us/j/527061509
2. Setelah aplikasi Zoom terinstal, klik “join meeting” lima menit sebelum acara dimulai
3. Anda akan diminta memasukkan nomor ID meeting untuk bergabung ke dalam forum. ID meeting dalam Webinar ini adalah: 527061509
4. Setelah memasukkan ID meeting yang dituju, Anda akan langsung terhubung ke dalam webinar dan peserta lainnya.
5. Anda wajib untuk mematikan speaker (mute) sepanjang diskusi/presentasi dan hanya menyalakan speaker (unmute) ketika mendapat giliran bertanya/menyampaikan pendapat.
6. Pastikan Anda mengikuti webinar di tempat yang tenang (tidak berisik) dan memiliki jaringan internet yang memadai.
7. Bagi mahasiswa yang mengikuti webinar ini dari awal sampai selesai, akan mendapatkan sertifikat dari panitia.

Untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan terkait Webinar ini, silakan menghubungi No WA: +1 573 864 2752 (Yanu)

Acara ini didukung oleh:
– IndoBIG Network
– Program Peduli – Kemitraan
– Inovator 4.0 Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *