Petisi UBI

Saya Mendukung Penerapan UBI di Indonesia!

Pemerintah Republik Indonesia harus segera menerapkan kebijakan Jaminan Penghasilan Dasar Universal atau Universal Basic Income (UBI) kepada setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali. UBI adalah pembayaran sejumlah uang tunai secara langsung dari Negara kepada setiap warga secara periodik dan tanpa syarat apapun. UBI digunakan untuk menjamin pemenuhan kebutuhan dasar warga (sandang, pangan, dan papan).

UBI akan membantu rakyat Indonesia keluar dari krisis sosial dan ekonomi akibat Pandemi COVID-19. Tantangan ke depan bukan hanya bagaimana mengatasi dampak pandemi, tetapi juga dampak perkembangan teknologi dan otomasi yang akan mengambil alih jutaan pekerjaan rutin, manual, dan fisik manusia. Masa depan tanpa pekerjaan (jobless future) dan ketidakpastian ekonomi adalah persoalan nyata yang menghantui seluruh bangsa dan negara di dunia.

Sebagai bagian dari Hak Asasi, saat ini UBI sedang diadopsi dan dikembangkan di negara-negara maju serta negara berkembang lainnya karena dianggap lebih cepat, transparan, efisien, tepat sasaran, inklusif, dan berdampak langsung melindungi kelompok rentan (perempuan, anak-anak, orang tua, dan penyandang disabilitas) maupun warga kelas menengah lainnya. Oleh karena itu, sudah selayaknya pemerintah Indonesia juga turut memprioritaskan penerapan UBI ini dalam waktu dekat dan secara permanen menjadikan UBI sebagai jaring pengaman sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dengan ini Saya mendukung kebijakan Jaminan Penghasilan Dasar Universal (UBI) diterapkan di Indonesia secara cepat dan permanen. Saya juga mendorong eksekutif, DPR RI, Partai Politik, dan pemangku kepentingan lainnya untuk segera menyusun RUU UBI di Indonesia. Merdeka!

[emailpetition id=”1″ width=”100%”

 

 [signaturelist id=”1″

 

Petisi dan pengumpulan tanda tangan dukungan terhadap penerapan UBI ini merupakan bagian dari kampanye global UBI yang digelar serentak di berbagai negara di dunia.