Emergency Basic Income Indonesia

Kalkulator Basic Income Indonesia Diluncurkan

Inisiatif kecil dan sederhana dari Tim kami di Basic Income Indonesia – Indobignetwork berupa Kalkulator Basic Income untuk kabupaten/kota di Indonesia. Tentu saja kalkulator sederhana ini dibuat untuk mendukung gerakan, cita-cita, dan gagasan ideal kami berupa penerapan Jaminan Penghasilan Dasar Universal di tanah air. Baik untuk masa normal, dan terlebih untuk menghadapi pandemik saat ini.

Kalkulator ini akan membantu kita untuk mendapatkan gambaran kemampuan setiap Kab/Kota untuk “menggaji” setiap warganya secara periodik (bulanan). Skenario yang kami ambil adalah skenario paling ideal, dimana Pemerintah Daerah (dengan dukungan dari Pusat) akan menggaji setiap warganya dengan dua kategori saja: anak-anak (umur di bawah 15 tahun) dan dewasa (umur sama dengan atau di atas 15 tahun).

Skema pembayaran ini tidak membedakan status ekonomi, gender, dan latar belakang pekerjaan warga. Basis pembayaran adalah individu, bukan rumah tangga atau keluarga.

Kalkulator bekerja dengan mengalikan jumlah tunjangan (mulai dari 25rb hingga 4 juta rupiah) dengan jumlah individu penerima (jumlah penduduk kab/kota dewasa dan anak) serta periode pembayarannya (misal 3 bulan atau 12 bulan). Lalu dibandingkan dengan ketersediaan Anggaran penerimaan daerah masing-masing.

Hasilnya akan muncul jumlah total anggaran Basic Income yang dibutuhkan di kab/kota Anda dan persentasenya terhadap anggaran penerimaan daerah masing-masing. Melihat database yang kami kumpulkan, tentu saja belum benar-benar merata akurasinya untuk setiap kab/kota. Perhitungan paling akurat tentu dimiliki oleh pemerintah daerah masing-masing.

Meksipun demikian, simulasi sederhana ini akan mampu memberikan gambaran dan optimisme bahwa sebenarnya kita bisa dan mampu untuk menjamin penghasilan dasar setiap warga negara tanpa satu orang pun yang tertinggal. Persoalannya tinggal seberapa besar jaminan itu dan mau atau tidak para pemimpin mengambil kebijakan ini?

Tiada gading yang tak retak. Saran dan masukan untuk penyempurnaan lebih lanjut dapat dituangkan di kolom komentar atau melalui email: [email protected]

Silakan mencoba kalkulator-nya disini:
http://indobig.net/kalkulator/

Terima Kasih.

#LawanCovid19
#EmergencyBasicIncome
#UBISekarang

6 April 2020

Tim Basic Income Indonesia – Indobignetwork

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ยป