Oakland Luncurkan Program Basic Income Terbesar di AS

Walikota Oakland, Libby Schaaf (Sumber: CNN)

Oakland, sebuah kota di California, Amerika Serikat, akan menjadi kota selanjutnya yang memiliki program Basic Income atau Jaminan Pendapatan Dasar. Walikota Oakland, Libby Schaaf, telah mengumumkan kepada publik bahwa kota ini akan meluncurkan program Jaminan Pendapatan Dasar pada pertengahan tahun 2021 ini.

Oakland Resilient Families atau “Program Keluarga Tangguh” Oakland ini akan memberikan $ 500 kepada setiap keluarga yang bebas dibelanjakan untuk apa saja sesuai kebutuhan masing-masing keluarga. Program ini nantinya akan didanai oleh lembaga donor swasta dan filantropi (Blue Meridian Partners) yang saat ini telah berhasil mengumpulkan $ 6,75 juta.

Program percontohan Basic Income ini akan menjadi salah satu yang terbesar di Amerika Serikat saat ini dengan perkiraan 600 keluarga penerima manfaat sebesar $ 500 sebulan selama 18 bulan. Warga Oakland bisa mulai mendaftar ke dalam program ini pada Spring 2021. Peserta akan dipilih secara acak dan diperkirakan uang pembayaran akan masuk ke rekening bank penerima pada musim panas nanti (sekitar Juni atau Juli 2021).

Oakland Resilient Families adalah kemitraan dengan Family Independence Initiative dan Pemerintah Kota Oakland. Program ini dijanjikan akan bersifat terbuka untuk penduduk yang sangat membutuhkan, termasuk mereka yang tidak memiliki dokumen atau keluarga yang tidak memiliki rumah.

Keluarga yang berpenghasilan rendah (dibawah 50% dari pendapatan rata-rata area, yaitu sekitar $ 59.000 per tahun untuk sebuah keluarga beranggotakan tiga orang), kulit hitam atau berwarna, dan Indian menjadi prioritas penerima eksperimen ini. Keluarga juga setidaknya harus memiliki satu orang anak di bawah 18 tahun.

Setengah dari kuota penerima yang tersedia akan disediakan untuk keluarga berpenghasilan sangat rendah, yaitu mereka yang berpenghasilan di bawah 138% dari tingkat kemiskinan federal atau sekitar $ 30.000 per tahun untuk keluarga dengan tiga orang anggota keluarga. Pemerintah kota berjanji, uang jaminan pendapatan tersebut tidak akan dimasukkan sebagai penghasilan kena pajak.

Program jaminan pendapatan dasar ini bukanlah yang pertama di negara bagian California. Sebelumnya, kota Stocton sudah lebih dahulu mengawali percobaan dan juga telah merilis hasil eksperimen yang terbukti sangat positif bagi penerima program.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *