Berita Eksperimen Kenya Riset

Ketika Basic Income dan Bitcoin Bertemu di Kenya!

Masih ingat dengan percobaan Basic Income Guarantee (BIG) terbesar yang dijalankan di Kenya tahun 2017 ini? (baca disini: Percobaan Basic Income Terbesar dan Terlama Diluncurkan di Kenya).

Kabar terbaru datang dari eksperimen ini. Sebuah organisasi amal berbasis bitcoin, Pineapple Fund, baru saja mendonasikan dana segar sebesar $ 5 juta dalam bentuk bitcoin untuk mendukung eksperimen basic income tersebut. Donasi ini langsung diserahkan kepada Give Directly, lembaga amal dari Amerika Serikat yang menjalankan percobaan BIG di Kenya tersebut. Eksperimen BIG Kenya ini digawangi oleh para peneliti dan ahli dari berbagai Lembaga terkemuka seperti Abhijit Banerjee (pendiri J-PAL, profesor di MIT), Alan Krueger (mantan Ketua Dewan Penasihat Ekonomi Presiden Obama, profesor di Princeton) dan Tavneet Suri (Direktur Ilmiah untuk Afrika J-PAL). GiveDirectly juga menerima sumbangan publik di situs webnya untuk jumlah berapa pun untuk mendukung eksperimen BIG ini. Mereka memasukkan 91% donasi publik itu ke tangan penerima program di Kenya.

Bukti Transfer Tunai BIG di Kenya (Business Insider)

Kabar donasi Bitcoin ini tentu sangat menggembirakan dan menarik, dimana dua obyek “kontroversial” yang sedang hangat diperdebatkan di dunia saat ini (BIG dan Bitcoin) akhirnya berjumpa dalam satu misi penanggulangan kemiskinan di Kenya.

Dibalik donasi itu ada seseorang bernama Pine (bukan nama asli) yang telah mendapatkan keuntungan besar dalam investasinya pada Bitcoin dalam beberapa tahun terakhir. Ia berhasil mengumpulkan dana hingga $ 86 juta dan rencananya semua akan ia donasikan. Sama seperti misteri penemu Bitcoin itu sendiri, pemilik Pineapple Fund juga “misterius” dan tidak ingin dirinya diketahui secara luas oleh publik. Ia menyatakan bahwa lembaganya tidak akan memberikan donasi kepada individu, tetapi memberikannya melalui lembaga amal. Kehadiran dermawan Bitcoin dalam mendukung eksperimen BIG di Kenya ini tentu menimbulkan tanda tanya, pembelajaran, sekaligus rasa bangga bahwa masih banyak orang dermawan yang peduli kepada orang lain hingga bersedia mendonasikan jutaan dollar untuk riset dan masalah-masalah penanggulangan kemiskinan serta kemanusiaan lainnya.

Tertulis di website Pineapple Fund sebuah moto inspiratif yang mungkin berguna bagi kita semua, bunyinya: “Because once you have enough money, money doesn’t matter.” 

===

Berita terkait: Business Insider,  Hackernoon 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »