Emergency Basic Income Spanyol

Spanyol: Meredam Dampak Covid-19 Dengan UBI

Kontributor: Rae Sita Pratiwi

sumber gambar: https://beamstart.com/

Spanyol berencana akan meluncurkan jaminan pendapatan dasar universal (UBI) “sesegera mungkin” untuk mengurangi dampak coronavirus.

Kebijakan ini diambil sebagai salah satu langkah penanganan terhadap memburuknya kondisi ekonomi . Spanyol adalah Negara kedua di Eropa yang mengalami dampak terburuk. Menteri Urusan Ekonomi Spanyol, Nadia Calvino menyatakan bahwa langkah itu dimaksudkan untuk membantu keluarga selama pandemi. Seperangkat kebijakan lainnya diluncurkan untuk membantu para pekerja lepas serta industri kecil dan menengah.

Kedepannya, Calvino menyatakan bahwa UBI kemungkinan dapat menjadi kebijakan yang lebih permanen di Spanyol. Jika pembayaran berhasil dilaksanakan, Spanyol akan menjadi negara pertama di Eropa yang memperkenalkannya secara nasional dalam jangka panjang.

Spanyol adalah negara terparah kedua oleh pandemi coronavirus. Lebih dari 135.032 kasus positif dan 13.055 kematian (6/4). Ekonomi negara ini hampir terhenti selama karantina yang diberlakukan pada 14 Maret. Sekolah, toko dan restoran tutup. Orang-orang hanya diizinkan keluar dari rumah mereka untuk mendapatkan pasokan penting, atau pergi bekerja bagi mereka tidak dapat bekerja dari rumah.

Perdana Menteri Pedro Sanchez mengatakan bahwa pembatasan sosial ini akan tetap diberlakukan sampai 26 April.

UBI itu sendiri adalah pembayaran rutin tanpa syarat yang dilakukan untuk setiap warga negara. Jumlah uang yang dibayarkan kepada setiap orang mungkin berbeda berdasarkan faktor demografis, seperti usia dan gender.

Dengan pengecualian Iran, yang memperkenalkan program UBI pada 2011 dalam bentuk transfer tunai bulanan ke rekening keluarga individu, sebagian besar negara lain hanya menguji jaminan penghasilan untuk kelompok orang yang relatif kecil atau untuk waktu yang singkat.

Uji coba UBI paling terkemuka di dunia berlangsung di Finlandia, berakhir pada Februari 2019 setelah dua tahun. Selama periode itu, Finlandia yang menganggur diberi pembayaran tetap bulanan sebesar € 560 (£ 490).

Para peneliti yang memimpin percobaan menemukan bahwa penerima lebih bahagia dan lebih sehat, meskipun belum terlihat efeknya pada penyerapan tenaga kerja baru.

===

Sumber: bloomberg.com independent.co.uk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »