Setelah Ontario, Giliran Quebec Menjajal Minimum Income

Kabar gembira datang dari pemerintah Quebec, Kanada, yang telah menyiapkan anggaran sebesar 3 Triliun Dollar untuk program dan kebijakan penanggulangan di provinsi tersebut hari minggu kemarin (10/12/17). Meskipun masih dalam skema yang belum benar-benar “universal” untuk semua warga, namun warga Quebec patut bergembira karena mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk bekerja, baik karena keterbatasan fisik atau lainnya, akan mendapatkan Minimum Income. Sekitar 84.000 warga kemungkinan dapat dijamin melalui program ini.

Philippe Couillard, Quebec Premier, mengumumkan rencana program penanggulangan kemiskinan melalui penerapan Basic Income minggu waktu setempat (12/11/17). Sumber: cbc.ca

Pemerintah Quebec juga berencana untuk melakukan revisi kebijakan bantuan sosial (Social Aid Act) agar dapat mengakomodir kebijakan minimum income tersebut. “Kita tidak hanya mendorong penciptaan lapangan kerja. Sebab, lapangan kerja bukanlah satu-satunya solusi untuk mengatasi kemiskinan. Minimum income adalah salah satu alternatif lainnya” Ungkap Philippe Couillard. “(meskipun) kita sebenarnya masih jauh dari gagasan umum Basic Income Guarantee”

Program penanggulangan kemiskinan Quebec tersebut juga berencana untuk memberikan dana tambahan pada program-program yang saat ini tengah berjalan, seperti proyek perumahan sosial (social housing project) yang akan mendapatkan suntikan anggaran tambahan sebesar 286 juta dollar dan program social benefits yang akan mendapatkan tambahan sebesar 580 juta dollar. Tidak hanya itu, sebesar 40 juta dollar juga akan disisihkan untuk menambah jumlah Taman Kanak-Kanak di daerah penduduk berpengahasilan rendah dan sekitar 300.000 dollar akan digunakan untuk mendorong inisiatif pada penanggulangan masalah kesehatan mental.

Namun demikian, para pendukung basic income di Quebec dan Kanada umumnya memberikan kritik bagi proposal Quebec ini. Mereka masih berkeyakinan bahwa untuk mengatasi kemiskinan seharusnya dengan menerapkan basic income bagi seluruh warga dan tanpa syarat (unconditional). Serge Petitclerc, juru bicara the Collectif pour un Québec sans pauvreté, mengatakan bahwa: “Dengan membatasi (program) untuk satu kategori kemiskinan di Quebec, kita telah kehilangan masalah utamanya”. Ia berharap bahwa BIG dapat terintegrasi dengan program penanggulangan kemiskinan dan berlaku bagi seluruh warga Quebec tanpa kecuali.

Serge Petitclerc, juru bicara the Collectif pour un Québec sans pauvreté. Sumber: cbc.ca

Popularitas basic income di Kanada semakin meningkat dan semakin serius direncanakan oleh Pemerintah setelah beberapa bulan lalu Ontario juga menjajal skema program yang sama. Dalam sejarahnya, Kanada memang memiliki kedekatan dengan gagasan “free money for everybody” ini. Pada tahun 1970, sebuah eksperimen di Manitoba (biasa disebut Manicome) juga dianggap sebagai contoh sukses penerapan Basic Income di Kanada dan juga Dunia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *