Eksperimen Indonesia International Basic Income Week Riset Seminar

Seminar Perdana Basic Income di Indonesia Akan Digelar di Jakarta

Indonesian Basic Income Guarantee (IndoBIG) Network bekerjasama dengan Inovator 4.0, Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), dan KEMITRAAN akan menggelar seminar perdana Basic Income di Indonesia di Jakarta pada hari Kamis, 28 Maret 2019. Seminar ini sangat istimewa karena menghadirkan Vice Chair Basic Income Earth Network (BIEN), Dr. Sarath Davala, dan Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia, Budiman Sudjatmiko. Dua narasumber lainnya adalah Irendra Rajawali, inovator dari KEMITRAAN dan Yanu Endar Prasetyo, peneliti LIPI dan koordinator Basic Income Indonesia. 

Selain menjabat sebagai Vice Chair BIEN, Dr. Sarath Davala juga merupakan praktisi dan ahli Basic Income di India. Bukunya yang berjudul “Basic Income: A Transformative Policy in India (2014)”, merupakan salah satu buku rujukan dalam eksperimen UBI di dunia.  Budiman Sudjatmiko sendiri selama ini dikenal sebagai politisi dan duduk sebagai anggota DPR RI di komisi II. Budiman turut mengawal lahirnya Undang-Undang Desa serta berbagai kebijakan dalam negeri dan pembangunan daerah lainnya.

Acara seminar ini akan dilaksanakan di Cyber Building (Gedung Cyber) I, Kuningan Jakarta Selatan mulai pukul 2 siang hingga selesai. Pada seminar dan diskusi ini, peserta bisa hadir langsung ke lokasi acara maupun bergabung melalui diskusi online via Zoom Video Conferencing. Seminar ini menjadi bersejarah karena pertama kalinya dilakukan di Indonesia yang membahas topik Universal Basic Income. Bukan tidak mungkin, menyusul berbagai eskperimen yang sudah dan sedang berjalan di berbagai negara seperti India, Finlandia, Kenya, Namibia, Kanada, dan lain-lain, Indonesia juga bisa membuat sebuah pilot percobaan UBI di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »