Proposal Basic Income di Irlandia Utara

Basic Income Northern Ireland (BINI) telah mengusulkan proposal jaminan pendapatan dasar di Irlandia bernama “Coronavirus Recovery UBI’“, yaitu jaminan pendapatan sebesar £ 800 sebulan untuk setiap orang dewasa dan £ 400 untuk anak-anak selama 2 bulan. BINI juga telah menerbitkan rencana untuk menerapkan UBI secara permanen di Irlandia Utara dengan proposal uji coba pembayaran sebesar £ 200- £ 900 per bulan.

BINI adalah kelompok relawan pendukung UBI atau Jamesta yang mengkampanyekan pengenalan penghasilan dasar di Irlandia Utara. Isu Jaminan Pendapatan Dasar Semesta ini telah menjadi yang terdepan dalam debat politik dan ekonomi arus utama selama setahun terakhir, terutama setelah pandemi COVID-19 memperburuk kondisi kemiskinan dan kesulitan ekonomi yang dihadapi oleh banyak masyarakat di dunia.

UBI akan membayar setiap individu sejumlah uang untuk hidup tanpa syarat apapun, terlepas dari pendapatan atau status sosial mereka. Ide ini telah mendapat dukungan dari Council, Assembly and Westminster, juga dari politisi seperti dari DUP, Partai Hijau, People Before Profit, SDLP, Sinn Fein dan UUP. Namun demikian, hanya sedikit dari partai-partai ini yang benar-benar memiliki UBI sebagai kebijakan partai.

Lebih dari setengah otoritas lokal Irlandia Utara pada prinsipnya mendukung UBI. Beberapa dewan di Distrik juga secara eksplisit mendukung uji coba gagasan tersebut di distrik mereka. Sejumlah dewan ini sekarang telah berkumpul untuk membentuk pengarah baru untuk merencanakan dan menyampaikan uji coba ini, serta mengkaji bagaimana kebijakan tersebut dapat diluncurkan dan didanai secara nasional. Gerakan ini tentu akan menambah panjang daftar dukungan pada kebijakan UBI yang sudah lebih dulu berlangsung di Skotlandia, Inggris, Wales, dan Republik Irlandia.

UBI ini diyakini akan memberikan dasar pendapatan yang kokoh bagi keluarga dan individu untuk melewati pasca pandemi. Rumah tangga berpenghasilan menengah dan tinggi juga akan menerima pembayaran ini. Alasannya, rumah tangga berpenghasilan menengah dan tinggi masih akan berperan dalam menggunakan UBI mereka untuk merangsang permintaan dalam perekonomian pasca pandemi nanti. Pembayaran untuk rumah tangga berpenghasilan tinggi juga dapat diperoleh kembali melalui pajak yang mereka bayarkan dalam jangka panjang.

Pembayaran UBI ini tidak akan dikenakan pajak. Meski hanya diajukan untuk masa dua bulan, UBI masih dianggap mungkin untuk mengimbangi dampak terburuk dari resesi ekonomi. Pandemi yang telah menyebabkan kemerosotan ekonomi, meningkatnya pengangguran, pemutusan hubungan kerja massal, gagal bayar utang, kegagalan bisnis dan penurunan belanja konsumen ini diperkirakan akan bertahan lebih lama dari virus itu sendiri. Oleh karena itu, pemerintah Irlandia Utara harus berpikir strategis dan bertindak cepat untuk mengimbangi kerusakan yang ditimbulkan.

UBI atau Jamesta ini dianggap satu-satunya cara untuk memberikan uang secara langsung kepada orang-orang sembari memastikan setiap orang terlindungi, dan itu juga merupakan cara terbaik untuk melindungi ekonomi dalam masa resesi yang ditandai oleh kegagalan sistemik seperti saat ini. Di era pandemi ini, bukan bank yang perlu di-bail out, tetapi rakyat kebanyakan atau warga biasa-lah yang membutuhkan bail out dari negara.

UBI juga merupakan cara terbaik untuk merangsang permintaan pasca-COVID-19. Ketika banyak orang akan membutuhkan UBI untuk bertahan dari krisis, yang lain akan menggunakannya untuk membeli barang dan jasa dalam ekonomi lokal yang dapat membantu semua sektor tetap berjalan. Tanpa stimulus untuk meningkatkan permintaan, resesi yang berkepanjangan dan parah akan sulit untuk dihindari.

Proposal Basic Income BINI dapat dibaca disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.