Jerman Luncurkan Percobaan Basic Income

Jerman Luncurkan Percobaan Basic Income

18/08/2020 Eksperimen Jerman 0

Setelah Finlandia, kini Jerman menjadi negara berikutnya yang meluncurkan eksperimen jaminan penghasilan dasar tanpa syarat selama tiga (3) tahun. Tujuannya adalah untuk mendapatkan bukti-bukti empiris dan menetapkan standar baru penerapan basic income, khususnya di Jerman. Eksperimen ini digawangi oleh Mein Grundeinkommen association, Max Planck Institute for Research on Collective Goods, dan University of Cologne. Pendanaan untuk studi ini bukan berasal dari pajak atau dana pemerintah, tetapi dari sumbangan sekitar 140.000 donatur atau donor.

Fase pertama eksperimen basic income ini akan dimulai pada pertengahan Agustus 2020 berupa penjaringan calon penerima basic income. Siapa pun penduduk tetap Jerman yang berusia minimal 18 tahun dapat mendaftar untuk berpartisipasi dalam studi ini. Pelamar harus mengisi kuesioner online yang memberikan informasi kontak, jenis kelamin, jumlah orang dalam rumah tangga, jumlah anak dalam rumah tangga, dan beberapa informasi tambahan tentang situasi kehidupan pelamar secara keseluruhan, seperti pendidikan, pendapatan bersih, dan jaminan sosial yang pernah diterima.

Sekitar 1.500 orang akan direkrut untuk eksperimen ini. Dari jumlah itu, 120 orang diantaranya akan dipilih secara acak untuk menerima “gaji” sebesar 1.200 euro per bulan selama tiga tahun tanpa syarat apa pun. 1.380 peserta studi yang tersisa akan berfungsi sebagai kelompok kontrol/pembanding untuk memastikan dampak basic income dapat diukur dengan baik.

Eksperimen yang memiliki slogan “We want to know” ini akan segera dimulai setelah satu juta orang Jerman mendaftarkan dirinya. Jika jumlah pelamar tidak mencapai itu, maka pada tanggal 10 November 2020, program akan tetap dimulai dengan melibatkan jumlah orang yang terdaftar hingga tanggal tersebut. Jumlah pelamar yang sangat banyak ini diperlukan untuk meningkatkan kualitas data sekaligus memungkinkan diperolehnya profil penerima yang semakin beragam.

Rencananya, penghasilan dasar akan dibayarkan mulai musim semi tahun 2021. Selama studi tiga tahun tersebut, setiap peserta akan mengisi enam kuesioner online yang mencakup pertanyaan tentang beberapa aspek seperti pekerjaan, penggunaan waktu, perilaku konsumen, nilai-nilai, dan kesehatan.

===

Majalah Basic Income Pilot Project Germany dapat diunduh di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »