Austin: Kota Pertama di Texas yang Meluncurkan Eksperimen Basic Income di Tahun 2022

Setelah berbagai kota di Amerika Serikat (AS) meluncurkan beragam “UBI-type experiment” selama Pandemi COVID-19, kini giliran Austin, Ibu Kota Negara Bagian Texas, bersiap meluncurkan program Basic Income. Proyek percontohan ini akan secara cuma-cuma memberikan $1.000 per bulan kepada 85 warga Austin yang berpenghasilan rendah. Pembayaran $1.000 per bulan ini setara dengan sepertiga dari pendapatan rata-rata warga kota. Austin City Council telah menyetujui penggunaan anggaran dari negosiasi tahun lalu sebesar $1,1 juta untuk mendanai program ini.

Para penerima program ini bebas menggunakan uang ini untuk memenuhi kebutuhan mereka. Uang pembayaran yang diterima dapat digunakan untuk membayar sewa rumah, membeli makanan, membayar penitipan anak, dan kebutuhan lainnya.

Dengan meluncurkan program ini, Austin kini bergabung dengan Stockton, Denver, Baltimore, Oakland, San Francisco, kota-kota lainnya di AS yang telah lebih dahulu meluncurkan program serupa. Austin juga menjadi kota pertama di Negara Bagian Texas yang meluncurkan percobaan basic income secara resmi. Beberapa teori ekonomi terkini menunjukkan bahwa memberi uang secara langsung kepada individu atau rumah tangga adalah strategi jaring pengaman sosial yang lebih efektif untuk memerangi kemiskinan daripada kebijakan bersyarat lainnya.

Namun demikian, program percontohan yang akan diluncurkan di Austin ini tentu bukanlah proyek pendapatan dasar universal yang menyeluruh, karena tidak semua warga kota menerima pembayaran yang seragam. Selain itu, meskipun secara makro program-program ini tidak akan secara instan mengurangi tingkat kemiskinan AS (11,4% pada tahun 2020,) kota-kota di AS yang mengadopsi UBI-type program ini adalah laboratorium baru yang akan dan sedang mengumpulkan bukti penting untuk menunjukkan apakah memberi orang “ikan” – bukan kail – adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi kemiskinan atau tidak?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.