Eksperimen

Tahun 2018, Warga Stockton California Akan Menerima Basic Income 500 USD per bulan

Stockton adalah sebuah kota pelabuhan kecil yang terletak di California, Amerika Serikat. Kota ini dinyatakan bangkrut tiga tahun yang lalu dan menjadi kota “mati” tanpa pertumbuhan ekonomi serta diperparah dengan tingkat kriminalitas yang tinggi. Namun kini, warga Stockton boleh sedikit bernafas lega. Mereka mendapatkan harapan akan masa depan kota mereka yang lebih cerah setelah Wali Kota Stockton, Michael Tubbs (walikota muda berumur 27 tahun), meluncurkan program Basic Income Guarantee (BIG) pada bulan Agustus tahun 2018 mendatang. Warga stockton akan mendapatkan pendapatan dasar bulanan sebesar 500 USD tanpa syarat apapun.

STOCKTON, CA. Photo by Justin Sullivan/Getty Images

Program BIG di Stockon California ini didanai oleh lembaga filantropi yang dimotori oleh Co-Founder Facebook dan beberapa aktivis seperti Chris Huges, Natalie Foster, dan Dorian Warren. Program pemberian BIG kepada sekitar 300.000 warga Stockton ini bernama the Stockton Economic Empowerment Demonstration (SEED) yang menjadi bukti keseriusan para pengusaha Silicon Valley – dimana banyak teknologi masa depan diciptakan disana – dalam menerapkan BIG sebagai solusi alternatif ekonomi masa depan. Proyek ini juga bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan yang ada di “depan mata” para pengusaha Silicon Valley tersebut.

Walikota Stockton, Michael Tubbs, ingin menghidupkan kembali perekonomian kotanya melalui program BIG tahun 2018 (sumber: CNN)

Dengan rencana tersebut, Stockton akan menjadi kota pertama di Amerika Serikat yang secara penuh dan serius melembagakan BIG. Jumlah uang yang diberikan memang tidak besar, namun dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar. Tentu saja ide ini juga mendapat kritikan dari beberapa kalangan, namun demikian, sang walikota dan funding project tetap yakin bahwa dengan memberikan uang tunai kepada seluruh warga akan memberikan mereka kesempatan, kehormatan, dan kebebasan dalam menentukan masa depannya, menata kembali kehidupan ekonominya, serta baik untuk kesehatan emosial dan memulihkan status sosial warga kota tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »