Survey Terhadap Basic Income Digelar di Inggris

Hari kamis (16 November 2017) mendatang akan menjadi hari bersejarah bagi pegiat dan pemerhati Basic Income di Inggris. Pasalnya, European Social Survey (ESS) bekerja sama dengan Ronnie Cowan MP (anggota parlemen dari Scottish National Party/SNP) akan memasukkan pertanyaan tentang Basic Income Gurantee (BIG) dalam survey tatap muka yang dilakukannya di Portcullis House, Westminster, Inggris. Kegiatan survey ini merupakan bagian dari Festival Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Ekonomi 2017. Untuk pertama kalinya dalam sejarah ESS, sebuah pertanyaan disertakan untuk meminta pendapat responden tentang BIG. Hasil survey ini nantinya akan menemukan apakah ada keinginan untuk mengenalkan BIG secara luas pada publik Inggris? ESS juga akan menyajikan analisis data yang terkait dengan isu-isu kesejahteraan sosial ekonomi lainnya yang dikumpulkan selama survei berlangsung.

Profesor Rory Fitzgerald, dari City University of London, mengatakan:

“Ini adalah pertama kalinya kami memasukkan pertanyaan di Survei Sosial Eropa mengenai konsep jaminan pendapatan dasar, jadi kami sangat senang untuk mendiskusikan hasilnya. Kami akan fokus pada bagaimana Inggris membandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, dan opini publik mengenai kebijakan lain yang termasuk dalam modul kesejahteraan kami“.

Sementara itu, Ronnie Cowan MP mengatakan:

“Pendapatan dasar  adalah  gagasan yang telah dipertimbangkan dalam berbagai bentuk selama lebih dari dua ratus tahun. Abraham Lincoln dan Dr Martin Luther King telah mendukung konsep tersebut sebagai cara untuk membantu mengurangi kemiskinan dan memberikan jaring pengaman bagi masyarakat. Saya percaya bahwa pendapatan dasar universal adalah sebuah gagasan yang waktunya telah datang dan saya sangat berharap bisa membahas masalah ini lebih jauh”.

Skema jaminan pendapatan dasar adalah model cash transfer dimana pemerintah membayar setiap orang dan setiap bulan untuk menutupi biaya hidup dasarnya. Jaminan pendapatan dasar atau BIG Ini bertujuan untuk menjamin semua orang memiliki standar hidup minimum karena setiap orang menerima jumlah yang sama terlepas dari apakah mereka bekerja atau tidak. Orang juga akan tetap bebas menghasilkan atau menyimpan uang yang mereka hasilkan dari pekerjaan atau sumber lainnya. Ide kebijakan BIG ini telah dibahas di beberapa negara dan mengarah pada uji coba di Brazil, Kanada, Kenya, Namibia, Belanda dan Amerika Serikat dalam dekade terakhir.

Berita terkait bisa dibaca disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *