Survei: 68% Warga Eropa Mendukung Basic Income

Sebuah lembaga riset yang bermarkas di Berlin, Dalia Research, merilis hasil survey tentang dukungan warga Eropa terhadap penerapan Basic Income. Survey ini dilakukan dari April 2016 hingga Maret 2017. Mereka menanyai 11.021 responden yang tersebar di 28 Negara anggota Uni Eropa. Survey elektronik yang dilakukan melalui ponsel, komputer, dan tablet ini menanyakan tentang apa pendapat warga Eropa terkait dengan gagasan Jaminan Pendapatan Dasar atau Basic Income Guarantee (BIG) yang sedang hangat dibahas dan menjadi perdebatan. Hasilnya cukup menjanjikan, sekitar 68% responden menyatakan dukungannya seandainya hari ini dilakukan referendum penerapan basic income. Hanya 24% yang menolak dan 9% lainnya tidak memilih.

Gambar 1. Persentase dukungan responden terhadap kemungkinan penerapan Basic Income di Eropa

 

Dari sisi dukungan di tiap negara, Italia menduduki peringkat suporter paling tinggi dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya sebesar 75%, disusul negara-negara lain seperti Inggris, Spanyol, Jerman, Polandia dan Prancis. Besarnya dukungan terhadap Basic Income ini tentu menarik dan mendorong perdebatan terhadap BIG semakin mengerucut di meja-meja parlemen maupun di konferensi-konferensi ilmiah. Masyarakat Eropa nampaknya memandang bahwa BIG semakin relevan untuk perkembangan dunia saat ini dan di masa mendatang.

Gambar 2. Persentase dukungan terhadap Basic Income Guarantee menurut negara

Terlihat dari berbagai alasan kenapa mereka mendukung BIG, kecemasan akan ketidakpastian dalam memenuhi kebutuhan dasar di masa depan menjadi alasan utama kenapa mereka memberikan dukungan pada skema jaminan pendapatan dasar ini (52%). Sekitar 42% lainnya melihat sisi positif BIG dalam mendorong kesetaraan dan kesempatan bagi individu serta mendorong independensi finansial dan tanggung jawab diri yang lebih baik (32%). Sebaliknya, mereka yang menolak Basic Income beralasan bahwa BIG dapat menyebabkan orang berhenti bekerja (52%) dan ancaman imigrasi dari negara lain yang ingin mengambil keuntungan dari kebijakan tersebut (39%).

 

Gambar 3. Alasan responden mendukung Basic Income Guarantee

 

Survey serupa juga akan digelar di Inggris yang dilakukan oleh European Social Survey (ESS). Eropa menjadi tolak ukur terhadap perkembangan BIG karena mereka adalah penganut sistem negara kesejahteraan (welfare state) yang telah lama mempraktekkan jaminan sosial kepada warga negaranya, baik untuk bidang pendidikan, kesehatan, pensiun, dan lain sebagainya. Jika BIG kelak diterima menjadi sebuah kebijakan baru, maka sistem jaminan sosial yang berjalan saat ini kemungkinan akan mengalami perubahan-perubahan yang berdampak terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan politik warga Eropa. 

=====

Hasil survey dapat diunduh disini  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »