Eksperimen Opini Riset

Roosevelt Institute: Ekonomi AS Akan Tumbuh 12.56% Jika Menerapkan Basic Income

Sebuah kajian dari Roosevelt Institute menyimpulkan bahwa Basic Income Guarantee (BIG) akan membawa dampak ekonomi yang positif apabila diterapkan di Amerika Serikat (AS). Kajian ini mencoba melakukan simulasi tiga buah skenario penerapan BIG yang paling memungkinkan untuk kondisi ekonomi AS. Skenario pertama adalah memberikan USD 1000/bulan untuk setiap orang dewasa di AS. Skenario kedua adalah dengan memberikan USD 500/bulan untuk setiap orang dewasa (base income) dan terakhir, skenario ketiga adalah memberikan USD 250/bulan untuk setiap anak di AS (child allowance).

JIika pemerintah AS menerapkan skenario pertama, maka Roosevelt Institute memprediksikan bahwa pertumbuhan ekonomi AS akan meningkat sampai dengan 12.56 persen selama delapan tahun dan akan berkurang pengaruhnya setelah periode tersebut. Pertumbuhan sebesar itu setara dengan USD 1,48 Triliun! Sebuah angka pertumbuhan yang sangat fantastis namun juga teramat “mahal” dan memiliki unsur ketidakpastian karena sistem BIG semacam ini belum pernah dilakukan untuk skala besar sebelumnya. Beberapa negara yang saat ini juga sedang melakukan kajian dan percobaan penerapan BIG masih mendasarkan implementasinya sebatas pada bentuk studi dan kajian, termasuk yang dijalankan oleh Skotlandia, Finlandia, maupun Ontario, Kanada.

Rakeen Mabud dan Felicia Wong, peneliti dari Roosevelt Institute, mewanti-wanti agar kajian mereka tidak dianggap sebagai pro-BIG atau anti-BIG. Kajian nilai keekonomian dari BIG memang dibangun dari asumsi-asumsi ekonomis dan teoritis dari tim peneliti Roosevelt Institute, tetapi tida menutup kemungkinan asumsi itu dikoreksi atau berubah di masa mendatang. Mereka menekankan bahwa kajian tentang BIG ini merupakan langkah awal untuk memahami lebih jauh kemungkinan dan hambatan penerapan BIG, khususnya di AS. “Kami memandang ini sebagai bagian dari percakapan yang jauh lebih besar tentang UBI dan pertanyaan terkait lainnya, termasuk asumsi kami tentang seberapa besar ekonomi masih memiliki ruang untuk tumbuh?” demikian yang ditulis oleh kedua peneliti tersebut.

Lebih lanjut mereka menuturkan: “Kami sangat percaya pada tujuan yang dimiliki oleh banyak pendukung UBI, seperti pentingnya mengurangi kemiskinan dan penderitaan, pentingnya memberi pekerjaan dan power kepada orang berpenghasilan rendah, pentingnya kebebasan untuk menentukan nasib sendiri, dan pentingnya keamanan ekonomi bagi semua orang Amerika. Tapi posisi kita adalah kita masih harus banyak belajar tentang BIG, bantuan langsung tunai, dan upaya-upaya untuk memperbaiki jaring pengaman sosial yang ada”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »