Program Basic Income Diluncurkan di Kota Compton

Kota Compton di California, Amerika Serikat, baru saja meluncurkan program percontohan Jaminan Penghasilan Dasar (Basic Income) untuk 800 penduduk berpenghasilan rendah di kota itu (19/10/2020). Program yang diberi nama “Compton Pledge” ini dilatarbelakangi oleh gagasan untuk mengurai masalah ketidakadilan rasial dan ekonomi yang dianggap mengganggu terwujudnya kesejahteraan bersama. Walikota Compton, Aja Brown, megatakan akan memulai program basic income ini pada akhir tahun 2020 ini. Warga yang sudah terpilih sebagai partisipan akan menerima pembayaran tunai bulanan mulai dari $300 hingga $600 selama dua tahun. 

Program jaminan pendapatan dasar ini diharapkan bisa membantu warga yang paling membutuhkan untuk melalui masa-masa sulit sekarang ini. Termasuk di dalamnya adalah warga imigran yang memiliki pekerjaan tidak tetap hingga para mantan napi yang mencoba kembali memasuki kehidupan bermasyarakat. Dengan jaminan pendapatan yang berdurasi cukup panjang ini, para partisipan akan memiliki ruang dan kesempatan untuk mencari pekerjaan baru, kembali ke sekolah, menghabiskan waktu bersama anak-anak mereka, atau meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional mereka. “Hal terpenting dari program semacam ini adalah untuk memastikan semua orang dapat hidup dengan lebih bermartabat”. Demikian diungkapkan oleh Aja Brown seperti dikutip dari CNN

Salah satu fitur yang digunakan dalam program Compton Pledge ini rencananya adalah platform pembayaran digital yang memungkinkan penerima mendapatkan uang melalui setoran langsung, transfer elektronik, atau bahkan kartu debit prabayar. Selain itu, platform tersebut juga akan menyediakan layanan perbankan tanpa biaya dan akses ke layanan keuangan, hukum, dan konseling lainnya.

Menurut data pemerintah setempat, sekitar 1 dari 5 penduduk Compton hidup di bawah garis kemiskinan atau dua kali lipat dari rata-rata nasional. Krisis akibat pandemi COVID-19 juga telah meningkatkan tingkat pengangguran kota ini hingga mencapai 21,9%. Compton Pledge berharap untuk membalikkan keadaan ini dengan tanpa membebani penduduknya. Sejauh ini, program ini telah mengumpulkan lebih dari $ 2,5 juta dalam bentuk donasi pribadi dan kontribusi lainnya. Uang ini akan masuk ke Fund for Guaranteed Income, sebuah badan amal publik, untuk kemudian disalurkan langsung kepada setiap penerima program transfer tunai. Program ini akan dipimpin langsung oleh Walikota Brown bersama dengan Fund for Guaranteed Income, Jain Family Institute dan lusinan organisasi lain yang tergabung dalam Compton Pledge Community Advisory Board. 

Walikota Brown sendiri adalah anggota pendiri Mayors for Guaranteed Income, sebuah konsorsium walikota yang mengadvokasi kebijakan Universal Basic Income dan diluncurkan pada Juni 2020. Compton bukanlah kota pertama di California yang menjalankan gagasan ‘radikal’ ini, sebelumnya Walikota Stockton, Michael Tubbs,  juga telah dan sedang menjalankan skema program yang sama bernama Stockton Economic Empowerment Demonstration (SEED) sejak akhir tahun 2018 lalu. 

Walikota Compton, Aja Brown. Ia dikenal sebagai Walikota milenial karena masih berusia 31 tahun saat terpilih menjadi Walikota (Sumber: Specturm News)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ยป