Percobaan Basic Income di Ontario Dimulai

Booklet berisi informasi untuk sosialisasi program basic income di Ontario

Satu langkah maju dari eksperimen basic income di Ontario, Kanada, telah diambil. Proyek percobaan tersebut baru saja diluncurkan pada tanggal 29 November 2017 di Hamilton dan tanggal 30 November 2017 nanti di Thunder Bay serta Lindsay. Peluncuran ini ditandai dengan pengiriman formulir aplikasi kepada warga Ontario secara terbuka. Warga dapat mengisi dan mendaftarkan dirinya menjadi kandidat penerima program basic income. Pengisian formulir pendaftar program basic income ini akan ditutup pada tanggal 1 Februari 2018 mendatang.

Desain yang unik dari program basic income di Ontario ini adalah bahwa partisipan dibolehkan sewaktu-waktu untuk keluar atau meninggalkan program ini ditengah jalan. Warga penerima program juga dijamin tidak akan kehilangan program jaminan sosial lainnya yang telah diterima jika ia terlibat dalam percobaan basic income ini. Pemerintah Ontario tidak hanya mengirim formulir melalui pos, tetapi juga menggunakan telepon dan email untuk menjangkau sebanyak-banyaknya warga yang berminat untuk berpartisipasi dalam program ini.

Namun demikian, program Basic Income Ontario ini bukanlah bersifat universal layaknya gagasan umum BIG, melainkan pemerintah menerapkan beberapa persyaratan khusus antara lain:

  • Warga yang boleh menerima basic income harus berusia antara 18 tahun sampai dengan 64 tahun (sepanjang 3 tahun program berjalan)
  • Warga yang boleh menerima basic income adalah mereka yang tinggal di lokasi terpilih dan telah menetap di tempat tersebut minimal selama 1 tahun
  • Warga yang boleh menerima basic income adalah mereka yang termasuk individu berpendapatan rendah, yaitu dibawah USD 34,000/tahun untuk lajang dan dibawah USD 48,000/tahun untuk pasangan/suami-istri.

Implementasi program basic income di Ontario ini berada dibawah pengawasan kementerian perumahan yang bertanggung jawab terhadap program-program dan strategi pengentasan kemiskinan di Kanada. Dari informasi yang dirilis oleh Pemerintah Ontario dan CBC Canada mengatakan bahwa para peserta program ini akan menerima basic income sekitar USD 17,000/tahun untuk yang masih lajang dan USD 24,000/tahun untuk pasangan selama tiga tahun berturut-turun.

Sumber berita disini 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *