Pemerintah Wales Meluncurkan Proposal Percobaan Basic Income Untuk 5.000 Orang Selama Dua Tahun

Proposal Uji coba Jaminan Pendapatan Dasar Semesta (Jamesta) diusulkan di Wales tanggal 9 Juni 2021 kemarin. Proposal ini rencananya akan memberikan Jamesta kepada 5.000 orang penerima dengan jumlah £ 213,59 per minggu untuk orang dewasa (18-64 tahun) dan £120,48 per minggu untuk anak-anak di bawah usia 17 tahun.

Sementara itu, para lansia (>65 tahun) akan mendapatkan £195,90 per minggu untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Jika disetujui, proyek eksperimen ini rencananya akan berjalan selama dua tahun dan dilakukan di dua komunitas yang masing-masing berada di perkotaan dan pedesaan.

Besaran Jamesta atau Basic Income ini dianggap akan cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka, tanpa pengujian dan pajak. Uang itu dapat dibelanjakan sesuka hati penerimanya. Tujuan utamanya adalah untuk mengangkat orang keluar dari kemiskinan dan memberi pekerja bergaji rendah lebih banyak daya tawar dengan majikan atau perusahaan tempat mereka bekerja.

Pendukung gagasan ini percaya bahwa program Basic Income seperti ini akan lebih sederhana daripada sistem jaminan sosial saat ini yang dianggap rumit dan mahal untuk dijalankan. Itu juga akan menghindari sistem sanksi saat ini, yang bisa membuat stres para penerima manfaat di Wales.

Jika diadopsi, eksperimen Wales ini kemungkinan akan menangguhkan sebagian besar jaminan sosial yang berlaku saat ini, termasuk Tunjangan Anak, Kredit Pajak Anak, Jaminan Kehilangan Pekerjaan, Tunjangan Pencari Kerja dan pensiun negara. Namun demikian, Otoritas setempat mengatakan beberapa manfaat mungkin masih akan dipertahankan.

Menteri Pertama Wales, Mark Drakeford, telah menyatakan dukungannya terhadap uji coba Jamesta ini. Sementara itu, lembaga Think Tank Otonomi yang membantu mengusulkan proposal ini juga telah telah menyempurnakan panduan teknis pelaksanaan eksperimen ini. Percobaan ini akan akan melibatkan setiap penduduk di daerah Wales, dengan perhitungan 2.500 orang di pedesaan dan 2.500 lainnya dari perkotaan.

Proyek ini diperkirakan akan menelan biaya £50 juta per tahun untuk menjalankannya, atau sekitar 0,6% dari anggaran pemerintah Wales pada tahun 2021-2022. Namun demikian, rencana ini hanya akan berhasil jika Wales mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Inggris, khususnya dari HM Revenue & Customs and the Department for Work and Pensions.

Direktur penelitian otonomi, Will Stronge mengatakan: “Semua bukti menunjukkan bahwa jaminan pendapatan dasar akan secara langsung mengurangi kemiskinan di Wales dan rencana ini menggunakan pendekatan yang masuk akal untuk diikuti oleh pemerintah Wales”.

*proposal eksperimen basic income Wales dapat di unduh disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *