NABIG Akan Menggelar Kongres Ke 18 di New York

North American Basic Income Guarantee (NABIG) akan menggelar kongres ke 18 tahun 2019 di New York City pada tanggal 15-16 Juni. Berlokasi di Silberman School of Social Work of the Hunter College, Kongres tahunan ini akan mengsung tema seputar “Basic Income on the Policy Agenda”. Topik ini diambil di tengah perbincangan terkait Basic Income yang semakin ramai di dunia dan di Amerika Serikat pada khususnya.

Beberapa hal yang menjadi pemicu perdebatan UBI di AS baru-baru ini adalah adanya eksperiman di Stockton, California dan fenomena Andrew Yang, salah satu kandidat presiden AS dari partai Demokrat yang menggunakan UBI sebagai platform resmi kampanyenya. Ia berjanji akan memberikan $1,000 kepada setiap warga negara AS jika ia terpilih menjadi presiden nanti.

Seperti kita tahu, sejarah UBI memang bertalian erat dengan sejarah Amerika Serikat itu sendiri. Thomas Paine, misalnya, merupakan tokoh pemikir AS yang dianggap pembawa gagasan UBI ini pada abad 17 yang lalu. Kebijakan Permanent Fund Dividend (PFD) Alaska yang sudah berjalan sejak tahun 1980an hingga sekarang juga dianggap menjadi model dan contoh penerapan UBI di AS. Dengan perkembangan teknologi dan ketimpangan ekonomi yang terjadi saat ini, maka perbincangan UBI dalam ranah kebijakan pun muncul kembali ke permukaan.

Kembali ke Kongres NABIG di atas, yang menarik dari perhelatan ini adalah adanya diskusi terbuka antara mereka yang pro maupun kontra terhadap UBI di dalam forum ini. NABIG diklaim tidak hanya kegiatan untuk mereka yang pro UBI, namun juga wahana untuk menguji argumen dan perdebatan dari berbagai sudut pandang akademik yang ada. Oleh karena itu, kongre NABIG ini juga seringkali dianggap sebagai barometer perkembangan wacana Basic Income di wilayah Amerika Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »