Berita Eksperimen India Kongress BIEN Riset Tokoh

Kongres BIEN Ke-19 Tahun 2019 Akan Digelar di India

Kongres Basic Income Earth Network (BIEN) tahun ini akan digelar di India. Tepatnya di Telangana, Hyderabad pada tanggal 22-25 Agustus 2019. Yanu Prasetyo, Founder & Coordinator Indonesian Basic Income Guarantee Network (IndoBIG) menerima langsung informasi ini dari Dr. Sarath Davala, Vice-Chair BIEN sekaligus Coordinator, India Network for Basic Income. Disela-sela rencana kunjungannya ke Indonesia pada akhir Maret 2019 nanti, Dr. Davala direncanakan akan bertemu dengan pegiat UBI di Indonesia untuk mendiskusikan berbagai perkembangan terkini penerapan UBI, khususnya di India dan negara-negara dengan populasi besar lainnya, termasuk Indonesia.

Kongres BIEN ke-19 ini menjadi unik dan menarik karena bertepatan dengan Pemilu Parlemen yang sedang berlangsung di sana. Seperti kita tahu, gagasan penerapan UBI ini disuarakan  dan dijanjikan cukup massif oleh para elit politisi nasional India. Baik dari kubu yang sedang berkuasa saat ini maupun dari kelompok oposisi. Lokasi yang dipilih juga memiliki makna khusus dimana Telangana adalah salah satu wilayah yang dianggap berhasil dalam mengimplementasikan kebijakan dengan semangat UBI.

Hal unik lainnya, Kongres BIEN kali ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan di negara Asia. Hal ini menunjukkan bahwa gagasan UBI tidak lagi hanya diskusi di Barat, melainkan juga sudah menjadi isu global yang semakin relevan dengan permasalahan terkini. Dengan beberapa kota dan negara yang telah berhasil – maupun yang terhambat – menjalankan eksperimen UBI, maka dalam kongres nanti diharapkan kita bisa mendengar langsung pengalaman kota-kota dan negara-negara tersebut, seperti Finlandia, Kenya,  Kanada, California, dan lain-lain. Tema yang diangkat dalam Kongres kali ini adalah:  ‘Basic Income as Freedom and Development’. 

Untuk informasi lebih lengkap, bisa unduh disini: BIEN Congress 2019 Hyderabad Booklet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »