Eksperimen Ontario: “Hidup Menjadi Lebih Baik Dengan Basic Income”

Meskipun baru saja dilaunching tahun ini dan sedang diperluas jangkauan penerimanya di beberapa kota baru di Ontario (baca: Percobaan Basic Income di Ontario Dimulai), namun kesan dan dampak positif dari basic income ini mulai terasa, terutama diungkapkan oleh para penerima program BIG yang sudah dan sedang berjalan. Salah satunya penerima BIG Ontario ini adalah Tim Button, seorang mantan satpam, seperti dilansir oleh The Independent, ia mengatakan bahwa setelah menerima pembayaran bulanan dari BIG, hidupnya kini berubah menjadi jauh lebih baik.

“(BIG) telah membebaskan saya dari depresi, Saya sekarang merasa lebih siap untuk kembali hidup bermasyarakat” ungkap Tim Button pada media. Kesan lainnya juga diungkapkan oleh Dave Cherkewski, 46 tahun, yang mengatakan bahwa uang BIG yang Ia terima telah membantu mengurangi masalah psikis dan mentalnya secara signifikan setelah ia menjadi pengangguran sejak tahun 2002 yang lalu. BIG telah membuat perubahan besar dalam hidupnya.

Tim Button, salah satu penerima program BIG di Ontario. Sumber foto: The Independent

“Saya belum pernah merasakan hal sebaik ini sejak 14 tahun terakhir hidup sebagai orang miskin”. kata Dave.

Ia mengaku bahwa dengan menerima uang BIG, kini ia mampu membeli makanan yang lebih sehat, mampu mengunjungi dokter gigi, dan mengikuti kursus atau pelatihan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih sesuai dengannya. Disamping itu, akhirnya ia juga memiliki uang untuk bisa mengunjungi keluarganya untuk merayakan Natal tahun ini setelah sekian lama tidak bertemu karena tidak memiliki ongkos untuk berkunjung.

Hal senada tidak hanya disampaikan oleh penerima BIG di Ontario tetapi juga diungkapkan oleh para penerima BIG di Finlandia (Baca: Benarkah Basic Income Mampu Menurunkan Stress?)

Pemerintah Ontario berencana akan terus melakukan ekspansi program Basic Income ini jika ia dianggap berhasil dan membantu mengurangi kemiskinan di Kanada. Diharapkan eksperimen BIG di Ontario ini juga dapat menginspirasi daerah-daerah lainnya di Kanada agar ikut menerapkan program yang sama bagi warganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »