Berita

Begini Hasil Pilihan Penonton Debat Basic Income di Portugal

Sebuah acara menarik bertajuk “Talk Robot” digelar di tengah-tengah perhelatan Web Summit di Lisbon, Portugal, beberapa hari yang lalu (7/11/17). Web summit sendiri adalah sebuah konferensi akbar dan terbesar dalam bidang teknologi di dunia saat ini. Dihadiri lebih dari 60.000 peserta dari 170an negara dan 1.200an pembicara. Dalam sesi Talk Robot tersebut, topik yang diangkat adalah tentang jaminan pendapatan dasar (Basic Income Guarantee/BIG) yang mengundang Louise Haagh dan Francisco Louçã. Debat keduanya difokuskan pada pro dan kontra dari jaminan pendapatan dasar secara umum.

Louise Haagh (Basic Income Earth Network/BIEN chair, UK) memulai dengan menggambarkan kemungkinan dunia masa depan dengan jaminan pendapatan dasar, di mana orang diijinkan untuk berkonsentrasi pada apa yang lebih penting bagi mereka, menyingkirkan kontrol dan ketergantungan dari negara kesejahteraan (welfare state) yang seringkali dianggap mengurangi kebebasan individu. Meskipun deskripsi ini sangat positif, dia tidak mengabaikan referensi dan peluang untuk perbaikan. Kemudian, Francisco, seorang profesor dari Lisbon University, menjawab dan menyampaikan pidato penuh gairah tentang bagaimana dia menganggap jaminan pendapatan dasar akan menggantikan sistem pendidikan dan kesehatan publik yang saat ini sedang berjalan. Dia juga mengkritik bahwa BIG terlalu fokus pada uang saja dan melalaikan aspek psikologis atau jaminan sosial. Bahkan, Ia mengingatkan jangan sampai dengan adanya BIG justru malah mengurangi jaminan sosial kesehatan warga negara, sebagaimana kebijakan di Amerika Serikat (Trump) saat ini tentang Obamacare atau jaminan kesehatan di Amerika.

Pada akhir perdebatan, sekitar 600-700 penonton yang menyaksikan debat tersebut diminta untuk memilih “Ya” atau “Tidak” untuk jaminan pendapatan dasar. Hasilnya, mayoritas penonton debat memilih “Ya” untuk jaminan pendapatan dasar. Tidak hanya di arena debat, para komentator di media sosial juga mengikuti debat tersebut dengan tak kalah serunya. Salah satu komentar yang banyak dibagikan adalah: “Jaminan pendapatan dasar bukan tentang uang, ini soal keamanan. Jadi, kita tidak lagi mengontrol perilaku seseorang atau orang-orang lainnya (memberikan kebebasan_red)”.

Sumber berita disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »