Opini Riset

Apa Pengertian Basic Income?

Screen-Shot-2016-12-29-at-4.07.54-PM

Para pakar, ilmuwan, aktivis dan pemerhati Basic Income Guarantee (BIG) dunia memiliki pertemuan rutin dalam bentuk Kongres yang membahas isu-isu terkini yang terkait dengan BIG. Pada kongres BIG di Soul, Korea Selatan yang diselenggarakan pada 9 Juli 2016, terjadi beberapa perubahan definisi BIG sesuai dengan masukan para peserta dari berbagai negara. Definisi awal BIG adalah sebagai berikut:

“Basic Income is an income unconditionally granted to all on an individual basis, without means test or work requirement”

Definisi tersebut kemudian diperbaharui menjadi:

“Basic Income is a periodic cash payment unconditionally delivered to all on an individual basis, without means test or work requirement”

Di dalam definisi tersebut, melekat lima karakter utama dari BIG, yaitu: (1) periodik atau berkala. Artinya, ia diberikan secara terus menerus pada periode waktu tertentu, misalnya setiap bulan (2) tunai (3) individual (4) universal, dan (5) tanpa syarat. Artinya, penerima tidak perlu menunjukkan kemampuannya dalam bekerja atau melakukan sesuatu untuk memperoleh BIG.

Disamping perubahan definisi, para peserta juga menyetujui bahwa penerapan BIG dapat dikombinasikan dengan penerapan jaminan sosial lainnya sebagai sebuah paket kebijakan yang saling melengkapi dalam upaya pengurangan kemiskinan. Para peserta juga menolak penghapusan program-program jaminan sosial yang sudah berjalan jika penghapusan itu dianggap malah merugikan orang miskin atau mereka yang berpendapatan rendah.

*Tautan lengkap tentang amandemen di atas dapat diunduh disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »